Rabu, 31 Oktober 2012

Trick mengecek aki  mobil


Ini trick dari pakarnya mobil corona di CIC, dan hanya berlaku untuk kondisi darurat ..ingat da..ru..ra..t.
Kasus-kasus dari masalah aki yang sering terjadi :
* Jika malam-malam, sendirian,  indikator lampu aki nyala : Biasanya IC nya sudah rusak untuk pengisian yg full loaded
* Aki tekor ditandai dengan mobil tidak bisa di starter : Bisa dari kapasitor yg rusak, bisa dari ICnya, bisa dari setrum aki yang sudah kurang (bisa dari airnya yg tawar/selnya ada yg rusak sehingga IC membaca inputan salah.(Terjadi pada altenator yg menggunakan IC)
* Aki sudah lemah: Biasanya terlihat dari fisiknya yg sudah menggelembung. Biasanya ada sel yg rusak atau baru mau rusak)
Untuk mengecek aki di jalan dan dalam keadaan darurat  :
Bisa mengkorsletkan positif dan negatifnya. Bisa dengan besi, atau kabel jumper. Sel yg rusak biasanya langsung mendidih. (Tidak boleh terlalu lama dan dalam hitungan detik).
Kalo mau mencoba, coba cari aki bekas dulu.
Jadi sebelum mengganti aki, sebaiknya pinjam dulu aki yg masih baik. Lalu lakukan pengukuran. Bila hasilnya berbeda, maka aki yg terpasang bisa langsung dilem biru. Bila sama, maka cek altenator/dinamo amperenya.

Sumber : Wiwi Wijayanto

1 komentar:

  1. Mengkorsletkan aki dengan mengubungkan kutub positif dengan negatif adalah cara yang cukup berbahaya untuk mengatasi aki mogok..

    Untuk daerah bekasi, sebaiknya hubungi spesialis aki bila mengalami kejadian kendaraan mogok di tengah jalan, aki bisa diantar ditempat..

    cek di (www)(spesialisaki)(com)

    BalasHapus